Bengkel Vespa
Bengkel Vespa

Memilih oli mesin untuk Vespa keluaran terbaru, tidak boleh sembarangan. Jika Anda teliti, di bagian untuk mengisi pelumas, tepatnya dekat rumah CVT sudah tertulis rekomendasi angka kekentalan yang digunakan pada Vespa.

Angka yang tertera, yaitu SAE (Sociaty of Automotive Engineers) 5W-40. Yang berarti kita harus menggunakan oli mesin vespa yang memiliki spesifikasi seperti itu, jangan sampai lebih atau kurang. Misalnya jikalau memang terpaksa harus memakai 10W-40 atau yang lain-lainnya boleh saja. Dampaknya tidak sampai rusak total, namun dampak yang akan dirasakan, jika tingkat kekentalannya lebih kental maka kerja atau perputaran oli menjadi tidak maksimal ketika melumasi mesin.

servis vespa bengkel
servis vespa bengkel

Apabila oli yang sudah sesuai dengan yang direkomendasi, perputaran oli pada mesin bisa lebih baik dari itu. Jika kita ibaratkan, misalnya seperti darah manusia, jika terlalu kental dokter juga pasti akan menyuruh untuk bisa lebih cair, sama halnya dengan pelumasan oli pada Vespa.

jika kita mau menggunakan berbagai merek dari salah satu oli boleh – boleh saja, asalkan yang wajib diperhatikan adalah nilai atau tingkat kekentalan pelumas itu sendiri, wajib sesuai dengan apa yang direkomendasikan oleh pabrikan agar lebih maksimal kinerjanya pelumas ketika melumasi mesin. Mesin pun akan menjadi lebih awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here