Bagi seorang profesional, terlebih dengan jabatan yang tinggi, memiliki kendaraan sebagai sarana operasional harian jadi kebutuhan. Biasanya, pilihan kendaraan roda empat atau mobil menjadi prioritas. Alasannya sederhana, salah satunya terhindar dari panas dan debu yang membuat penampilan turun.

Agak beda dengan Radityo Triatmojo. Head of Government Relations Shopee menggunakan motor sebagai kendaraan hariannya rumah-kantor. Radityo tergolong sangat fungsional. Dirinya tak bisa mentolerir, waktu habis hanya karena sebuah teknologi mobil yang canggih. Kondisi kemacetan di Jakarta membuat waktu perjalanan dengan mobil menjadi tidak normal.

“Saya tak bisa membuang lama waktu (karena kemacetan) di perjalanan,” jelasnya. Bagi sebagian orang bermobil karena menghindari panas dan debu. “Buat saya waktunya yang susah dikejar,” tegas pria yang malang melintang di dunia telekomunikasi ini.

Baginya, problem keringatan atau panas dan bau di badan bisa mudah diselesaikan dengan mandi. Bahkan dirinya pernah bertemu dengan pejabat tinggi negara dalam urusan tugas menggunakan motor.

“Saya parkir jauh. Parkir dan jalan menuju kantor kementerian,” jelasnya.

Pengalaman naik motornya sendiri bagi Radityo merupakan perjalanan panjang. “Pengalaman naik motor sebenarnya sejak SMA,” bilang Radityo. Ia menghabiskan masa pendidikan menengah di Jakarta dan Amerika Serikat.

“Sempat berhenti bermotor karena dilarang orang tua,” jelasnya. Lalu hobi bermotornya kembali lagi setelah dirinya menikah. “Banyak aturan yang dulunya gak boleh, sejak nikah jadi boleh,”

Kerap Berganti Motor

Saat ini dirinya menggunakan Moto Guzzi V7. Motor aliran cafe racer kerap menemaninya perjalanan di rumah ke kantor. “Cukup 8 menit saja. Kalau naik mobil bisa lebih setengah jam,” katanya. Sebelum menggunakan motor ini ia sudah gonta-ganti motor. Sempat Yamaha skutik, Vespa dan Harley-Davidson.

Untuk motor Moto Guzzi yang kini dipakainya pun terlalu banyak dimodifikasi. “Hanya knalpot saja lebih gede suaranya. Sama ada seting handle untuk kopling agar lebih nyaman. Lainnya gak ada,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here