Vespa Elettrica telah dirilis di Italia. Motor ini mengandalkan unit daya yang mampu menghasilkan 3,5 kW dan kekuatan puncak 4 kW. Angka ini mampu menghasilkan torsi lebih dari 200 Nm, yang memberikan performa lebih unggul daripada skuter 50 cc bermesin bensin, terutama di hal percepatan dan kekuatan menanjak.

Sehingga Vespa Elettrica menghasilkan performa yang gesit dan menyenangkan di rute perkotaan. Faktanya, Vespa Elettrica benar-benar tak bersuara, membantu membuat kota-kota menjadi tidak semrawut dan mengurangi polusi bahkan dalam hal kebisingan.

Vespa Elettrica bisa digunakan dengan jangkauan maksimum hingga 100 kilometer angka yang tidak berubah secara signifikan pada rute jalan pedesaan, berkat baterai lithium-ion modern dan Sistem Pemulihan Energi Kinetik yang efisien (KERS), yang membebankannya dalam fase deselerasi. Pengoperasian pengisian adalah hal paling sederhana yang bisa dibayangkan: baterai lithium-ion, seperti yang ada di smartphone modern, tidak memerlukan penanganan khusus.

Untuk mengisi daya, mencolokkan kabel dari kompartemen kursi, di mana tutup bahan bakar biasanya berada, dan pasang ke stopkontak di dinding atau sejumlah stasiun pengisian umum di kota-kota besar. Waktu standar yang diperlukan untuk muatan penuh adalah 4 jam dengan tegangan 220 V.

Sebagai konfirmasi lebih lanjut tentang betapa mudahnya Vespa Elettrica yang ramah bagi pengendara, motor dan baterai benar-benar bebas perawatan. Baterai memberikan efisiensi yang sangat baik hingga 1.000 siklus pengisian penuh. Sehingga jika diterjemahkan dalam jarak bisa mencapai 50.000 dan 70.000 km, setara dengan sekitar 10 tahun beroperasi untuk kendaraan yang ditujukan untuk perjalanan perkotaan.

Bahkan setelah ribuan siklus pengisian daya, baterai masih mempertahankan 80 persen kapasitasnya dan dapat digunakan dengan sempurna. Terletak di bawah kompartemen helm, paket baterai ringkas tidak mengganggu fungsi kompartemen jok Vespa Elettrica, yang dapat menampung helm Jet.

Ride by Wire akselerator elektronik mengontrol output daya motor Vespa Elettrica. Dengan menekan tombol RIDING MODE di sisi kanan stang, pengendara dapat memilih antara ECO dan Power, di samping mode Reverse untuk memudahkan penanganan Vespa Elettrica saat bermanuver.

Mode ECO, yang dimaksudkan untuk menghemat energi, memperpanjang masa pakai baterai; kecepatan dibatasi hingga 30 kilometer per jam dan akselerasi lebih bertahap. Pada mode Power tenaga baterai akan sepenuhnya dioptimalkan.

Vespa Elettrica memiliki fitur yang ditawarkan oleh versi baru dari Platform Multimedia Vespa, sistem multimedia yang menghubungkan smartphone ke kendaraan, dapat dikelola melalui antarmuka yang menggabungkan panel instrumen digital dengan layar TFT berwarna 4,3 inci, selalu mudah dibaca berkat sensor senja yang menyesuaikan latar belakang.

Informasi luas yang ditampilkan disusun dalam diagram grafik yang sangat mengesankan dan sangat rasional. Bagian tengah layar selalu berisi informasi utama seperti kecepatan, mode berkendara yang dipilih, rentang sisa dalam km dan tingkat pengisian baterai.

Menggunakan Aplikasi Vespa khusus pada ponsel pintar Anda dan menghubungkannya ke kendaraan – melalui Bluetooth – yang memungkinkan Anda memanfaatkan sepenuhnya kemampuan layar TFT untuk memberikan informasi panggilan masuk dan pesan muncul.

Sistem juga memungkinkan Anda menggunakan tombol stang untuk menjawab panggilan dan menggunakan perintah suara ponsel pintar untuk melakukan panggilan atau memutar musik dari daftar putar Anda sendiri. Untuk menikmati semua fitur ini, dengan mudah dikelola melalui joystick MODE yang berguna di blok kontrol kanan, helm Jet khusus khusus dengan earphone internal dan interkom Bluetooth tersedia untuk Vespa Elettrica sebagai aksesori opsional.

 

(Sumber : https://otomotif.tempo.co/read/1145550/torsi-badak-teknologi-baterai-vespa-elettrica-tahan-10-tahun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here